starbucks

Brand Research – Starbucks – Analisis Behaviour Konsumen Starbucks Coffee

MEMAHAMI BEHAVIOUR KONSUMEN DARI CONVERSATION – TOP WORDS

topwordstarbuck

Melalui top words kita dapat melihat keterkaitan antara keyword starbucks dengan keyword ‘happy’ dan ‘love’. Hal ini menandakan bahwa Branding yang dilakukan Starbucks berhasil membentuk ikatan emosional antara Starbuck dan Customernya.

 

MEMAHAMI BENTUK PROMOSI DARI POSTINGAN KONSUMEN

1231

SIKLUS PROMOSI YANG TERBENTUK – Pada fitur ‘Content View’ atau ‘Point Map’ kita dapat melihat dan melakukan analisis dari konten yang diposting oleh Customer yang terkait dengan Brand Starbucks di sosial media.

Jika kita analisis dari konten yang ada, kita dapat melihat bahwa ikatan emosional yang terbentuk antara Starbucks dan Customer berhasil menstimulus Customer Starbucks untuk dapat melakukan Self-Promotion Brand Starbucks.
Hal ini tentu sangat menguntukan Brand Starbucks karena ini dilakukan secara langsung oleh Customer mereka baik secara eksplisit maupun implisit.

 

MEMAHAMI BRAND PERSONALITY DARI POSTINGAN KONSUMEN

212

BRAND PERSONALITY TRAITS – Brand Personality menggambarkan bagaimana hubungan
antara Brand dengan Customer mereka. Setiap Brand memiliki Brand Personality dominan dari 5 tipe Brand Personality yang ada, hal ini menjelaskan bagaimana Brand dapat terhubung dengan Customer mereka secara
emosional. Brand Personality ini dapat dilihat pada konten-konten Customer Starbucks yang diposting ke media sosial. Berikut 5 tipe Brand Personality:
1. Sincerity (close-up product,drinking with friend)
2. Excitement (artistic picture)
3. Competence (work, school, competition)
4. Sophistication (beauty, luxury,glamour)
5. Ruggednes(masculine, western)

MEMAHAMI BEHAVIOUR KONSUMEN DARI GRAFIK WAKTU

212e

KAPAN WAKTU YANG PALING RAMAI DI STARBUCKS – Dilihat pada grafik waktu bahwa waktu yang paling
ramai waktu kunjungan ke starbucks terjadi pada pukul 17.00 WIB dan 19.00 WIB.

POSTINGAN TERKAIT BRAND STARBUCK DENGAN POINT MAP

asdada

THEY SELL MORE THAN JUST COFFEE, THEY SELL A LIFESTYLE – Pada Point Map kita dapat melihat
aktivitas yang terjadi pada lokasi eksak mereka. Hampir 98% postingan Customer Starbucks memposting tentang cup minuman mereka di media sosial. Hal ini seperti dijelaskan sebelumnya terkait dengan Brand Personality Customer Starbucks yang terbentuk.

 

PEMETAAN AKTIVITAS TERKAIT BRAND STARBUCKS DENGAN HEATMAP

adsadae

LOKASI YANG PALING BANYAK TERKAIT DENGAN BRAND STARBUCKS DI PULAU JAWA – Pada Heatmap kita dapat melihat titik-titik lokasi yang paling banyak terkait dengan Brand Starbucks. Semakin merah titik tersebut maka semakin banyak aktivitas atau percakapan yang terkait di lokasi tersebut. Sebagian besar Heatmap terpusat di daerah Jakarta dan sekitarnya.

 

PEMETAAN AKTIVITAS TERKAIT BRAND STARBUCKS DENGAN HEATMAP

adsada

LOKASI YANG PALING BANYAK TERKAIT DENGAN BRAND STARBUCKS DI JAKARTA – Setelah ditelusuri lebih lanjut, Jika dilihat Pada Heatmap maka Jakarta Pusat merupakan lokasi yang paling banyak aktivitas terkait dengan Brand Starbucks.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *